Selasa, 30 Oktober 2012

KOORDINASI MANAJEMEN


11 KOORDINASI MANAJEMEN

  • G.R.Terry
Koordinasi adalah suatu usaha yang sinkron & teratur untuk menyediakan jumlah & mengarahkan pelaksanakan untuk menghasilkan suatu tindakan yang seragam & harmonis pada sasaran yang telah ditentukan.

  • Malayu S.P. Hasibuan
Koordinasi adalah kegiatan mengarahkan,mengintegrasikan & mengkoordinasi unsur-unsur manajemen (6M) & pekerjaan-pekerjaan para bawahan dalam mencapai tujuan organisasi

  • Kenapa Koordinasi Sangat Penting
1.      Untuk mencegah terjadinya kekacauan,percekcokan & kekembaran atau kekosongan pekerjaan.
2.      Agar orang-orang & pekerjaannya diselaraskan serta diarahkan untuk pencapaian tujuan perusahaan
3.      Agar sarana & prasarana dimanfaatkan untuk mencapai tujuan
4.      Agar semua unsur manajemen (6M) & pekerjaan masing-masing individu membantu tercapainya tujuan organisasi
5.      Agar semua tugas ,kegiatan, pekerjan terintegrasi kepada sasaran yang diinginkan



·         Tipe-tipe  Koordinasi
1.      Koordinasi Vertikal: Kegiatan penyatuan ,pengarahan yang dilakukan oleh atasan terhadap kegiatan unit-unit,kesatuan-kesatuan kerja yang ada dibawah wewenang & tanggung jawabnya
2.       Koordinasi Horizontal:dilakukan pada kegiatan-kegiatan dalam tingkat organisasi yang setingkat. Koordiansi ini dibagi  2 yaitu: Interdisciplinary & lnterrelated

·         Sifat-sifat Koordinasi
1.      Koordinasi adalah dinamis bukan statis
2.      Koordinasi menekankan pandangan menyeluruh oleh seorang koordinator dalam rangka mencapai sasaran
3.      Koordinasi hanya meninjau suatu pekerjaan secara keseluruhan

·         Tujuan koordinasi 
1.      Untuk mengarahkan & menyatukan semua tindakan serta pemikiran ke arah tercapainya sasaran perusahaan
2.      Untuk menjuruskan keterampilan spesialis ke arah sasaran perusahaan
3.      Menghindari kekosongan tumpang tindih pekerjaan
4.      Menghindari kekacauan & penyimpangan tugas dari sasaran
5.      Untuk mengintegrasikan tindakan & pemanfaatan 6M ke arah sasaran organisasi/perusahaan
6.      Untuk menghindari tindakan overlapping (tumpang tindih)dari sasaran perusahaan

·         Syarat-syarat koordinasi
    1. Sense of cooperation :perasaan untuk bekerja sama
    2. Rivalry :persaingan untuk mencapai kemajuan
    3. Team spirit :saling menghargai
    4. Esprit de corps : rasa satu kesatuan
·         Cara-cara mengadakan Koordinasi
1.      Memberikan keterangan langsung secara bersahabat
2.      Tujuan itu adalah tujuan bersama
3.      Mendorong para anggota untuk bertukar pikiran
4.      Membina human relations
5.      Memperoleh dukungan partisipasi dari bawahan























Tidak ada komentar:

Posting Komentar